RAHMAWATI, FITRIANI SISKA (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF GENERASI BARU INDONESIA (GENBI) UNIVERSITAS MALIKUSSALEH DALAM MELAKUKAN SOSIALIASI PROGRAM CINTA, BANGGA, PAHAM RUPIAH (CBP). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER FITRIANI SISKA RAHMAWATI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK FITRIANI SISKA RAHMAWATI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 1 FITRIANI SISKA RAHMAWATI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAPUS FITRIANI SISKA RAHMAWATI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIANI SISKA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Persuasif Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Malikussaleh dalam Melakukan Sosialisasi Program Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBP)”. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara dan alat pembayaran sah. Bank Indonesia melalui program CBP berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenali, merawat, dan memahami fungsi Rupiah. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Malikussaleh menjadi mitra strategis dalam menyosialisasikan program tersebut kepada masyarakat, khususnya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif yang digunakan GenBI dalam menyosialisasikan program CBP, dengan menggunakan enam prinsip persuasi Robert Cialdini, yaitu timbal balik, komitmen dan konsistensi, bukti sosial, menyukai, otoritas, dan kelangkaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pegawai Bank Indonesia, pengurus GenBI, serta mahasiswa yang mengikuti sosialisasi CBP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif GenBI dalam sosialisasi CBP telah menerapkan sebagian besar prinsip Cialdini. Prinsip timbal balik terlihat melalui pemberian informasi dan fasilitas edukatif; komitmen dan konsistensi diwujudkan dalam penguatan peran anggota GenBI; bukti sosial ditampilkan melalui testimoni dan keberhasilan program; menyukai tercermin dari hubungan personal antara komunikator dan audiens; serta otoritas diperoleh melalui citra Bank Indonesia sebagai lembaga resmi. Namun, prinsip kelangkaan masih belum optimal diterapkan. Dengan demikian, keberhasilan sosialisasi CBP sangat dipengaruhi oleh strategi komunikasi persuasif yang digunakan GenBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: FITRIANI SISKA RAHMAWATI
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:19
Last Modified: 11 Nov 2025 07:19
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by