Natsni, natsni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (171kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (190kB)
[img] Text
SKRIPSI NASTNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

NATSNI : Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Zat dan Perubahannya. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 di SMK Negeri 1 Pante Bidari pada materi zat dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Pre Ekperintal Designt, dengan desain peneltian Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pante Bidari sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas X DPB 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas X DPB 1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas menggunakan metode Kolmogrov-Smirnow, uji homogenitas menggunakan metode Levene test. Pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik Independent sampel t-test untuk hasil belajar kognitif, sedangkan uji hipotesis pada keterampilan kolaborasi menggunakan uji nonparametrik uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data uji Independent sampel t-test untuk hasil belajar kognitif terdapat nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05. sedangkan uji hipotesis pada keterampilan kolaborasi menggunkan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa pada materi zat dan perubahannya. Kata Kunci : AIR, Kognitif, Kolaborasi, Zat dan Perubahannya ABSTRACT Natsni: The Effect of Learning Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) on Cognitive Learning Outcomes and Student Collaboration Skills on Substance Material and Changes. FKIP Chemistry Education Study Program, Malikussaleh University, 2025. This study aims to determine the effect of the Auditory Intellectual Repetition (AIR) learning model on cognitive learning outcomes and student collaboration skills. This research was conducted in the even semester of the 2024/2025 school year at SMK Negeri 1 Pante Bidari on the material of the substance and its changes. This research uses a quantitative approach. The type of research used is a pre-experiment design, with the intact-group comparison as the design. The population in this study was all students of class X SMK Negeri 1 Pante Bidari, while the sample was two classes, namely class X DPB 2 as an experimental class, totaling 28 students, and class X DPB 1, totaling 30 students, as control classes. The data collection instrument in this study was multiple-choice test questions and validated observation sheets. Data analysis techniques that use the normality test using the Kolmogorov-Smirnov method, and the homogeneity test uses the Levene Test method. Hypothesis testing using the Independent Parametric Test, T-test sample for cognitive learning outcomes, while the hypothesis test on collaboration skills uses a non-parametric test of the Mann-Whitney U test. The results showed that the Independent T-test sample test data for cognitive learning outcomes was the sig value. (2-tailed) 0.001 <0.05. While the hypothesis test on collaboration skills using the Mann-Whitney U test obtained the sig value (2-tailed) 0.001 <0.05. This shows that H0 was rejected and Ha was accepted. The conclusion is that there is an influence of the Auditory Intellectual Repetition (AIR) learning model on cognitive learning outcomes and student collaboration skills on the material of substances and changes. Keywords: AIR, Cognitive, Collaboration, Substances, and Changes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Natsni N Natsni
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:35
Last Modified: 05 Nov 2025 07:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by