Sasa, Antini (2025) PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU SMP NEGERI 8 KOTA LHOKSEUMAWE. PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU SMP NEGERI 8 KOTA LHOKSEUMAWE (90).
|
Text
Cover.pdf Download (73kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (158kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (216kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Canva dalam meningkatkan kreativitas mengajar di kalangan guru di SMP Negeri 8 Kota Lhokseumawe. Canva, sebagai platform desain grafis online, menawarkan berbagai fitur dan templat yang memfasilitasi guru dalam menyiapkan materi pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa. Temuan ini mengungkapkan bahwa penggunaan Canva secara signifikan membantu guru dalam mengembangkan materi ajar yang kreatif dan efisien, sehingga meningkatkan minat dan pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Guru dapat memanfaatkan berbagai elemen visual, seperti gambar, video, dan animasi, untuk menyederhanakan dan memperjelas konsep kompleks dengan cara yang menarik. Selain itu, fitur kolaborasi Canva memungkinkan guru untuk bekerja sama dengan kolega dan siswa dalam membuat dan mengembangkan bahan ajar. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, termasuk konektivitas internet yang terbatas, perangkat yang tidak memadai, dan adanya fitur premium yang memerlukan langganan berbayar. Hambatan ini terkadang membatasi kreativitas guru dan akses siswa ke sumber belajar yang optimal. Upaya pelatihan dan pendampingan telah diterapkan untuk mengatasi tantangan teknis dan meningkatkan keterampilan digital guru. Penelitian ini mengadopsi Teori Kekayaan Media, yang menekankan pentingnya memanfaatkan media yang kaya akan isyarat untuk meningkatkan efektivitas komunikasi instruksional. Oleh karena itu, Canva terbukti menjadi alat komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran, asalkan didukung oleh infrastruktur teknologi yang memadai dan peningkatan kompetensi pengguna. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi di sekolah lain dan mendorong guru untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kreatif dan kolaboratif. Kata kunci:Pemanfaatan, Aplikasi Canva, kreativitas pengajaran, SMPN 8 Guru Kota Lhokseumawe, Teori Kekayaan Media
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Sasa Antini Antini |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:57 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:57 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




