Wilza, Tulkifla (2024) LATO-LATO SEBAGAI PERMAINAN PENGGANTI GAME DIGITAL PADA KALANGAN ANAK-ANAK (Studi Kasus di Gampong Meunasah Mesjid Cunda Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
COVER WILZA-3.pdf

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK WILZA-1.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I wilza.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WILZA.pdf

Download (45kB)
[img] Text
File Skripsi Wilza Tulkifla .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang penyebab lato-lato bisa menjadi pengganti game online di era game digital dan dampak pendidikan, kesehatan dan sosial pada permainan lato-lato terhadap anak di Gampong Meunasah Mesjid Cunda. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi menurut Alferd Schutz. Metode penelitian yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab lato-lato bisa menjadi pengganti game online di era game digital di Gampong Meunasah Mesjid Cunda adalah (a) mengikuti tren sebab permainan ini sedang viral di media sosial dan temannya sudah ikut-ikutan bermain lato-lato sehingga anak mengikutinya karena ada rasa penasaran ingin mencoba permainan baru; (b) pengaruh teman pergaulan yang mengajak bermain lato-lato bersama, sehingga anak ikut-ikutan agar memiliki teman bermain, dan jika tidak bermain lato-lato maka mereka tidak memiliki teman; dan (c) tertarik mengikuti perlombaan agar bisa memenangkan perlombaan dan memperolah hadiah yang disukai. Dampak permainan lato-lato pada anak di Gampong Meunasah Mesjid Cunda yaitu (a) dampak pendidikan seperti anak menjadi lalai dan sering menghabiskan waktu bermain lato-lato, sehingga kurang meluangkan waktu belajar, mengerjakan tugas sekolah bahkan berperilaku menyimpang dengan membawa lato-lato ke sekolah yang dilarang oleh guru; (b) dampak kesehatan seperti kesakitan pada tangan, bengkak, merah hingga terkilir karena keseringan bermain lato-lato, bahkan mengalami benjolan di kepala akibat terkena bola lato-lato; dan (c) dampak sosial yaitu anak-anak mulai suka berkumpul bersama temannya, dan sudah jarang berada di rumah, pola interaksi sosial sesama anak semakin meningkat dan memberikan hiburan baru bagi masyarakat, sekaligus menimbulkan konflik sesama anak saat bola lato-lato mengenai temannya Kata Kunci: Dampak, Lato-Lato, Anak di Gampong Meunasah Mesjid Cunda

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi
Depositing User: Wilza Tulkifla
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:41
Last Modified: 22 Mar 2024 04:41
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by