Nura, Ismi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
ISMI NURA_210720001_Cover.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
ISMI NURA_210720001_Abstrak.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
ISMI NURA_210720001_BAB I .pdf Download (195kB) |
|
|
Text
ISMI NURA_210720001_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
|
Text
ISMI NURA_210720001_Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Pada Materi Ikatan Kimia.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemhaman Konsep Pada Materi Ikatan Kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Peusangan materi Ikatan Kimia pada semester Genap tahun pelajaran 2024/2025. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperiment dan menggunakan desain penelitian Intact Group Comparison. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Peusangan tahun ajaran 2024/2025 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.2 sebagai kelas Eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis (postest). Analisis data instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis menggunakan soal Essay yang sudah diuji validasi pada ahli dan sudah melalui uji prasyarat, dan analisis data instrumen untuk mengukur pemahaman konsep menggunakan soal two tier multiple choise yang sudah diuji validasi pada ahli dan sudah melalui uji prasyarat. Data hasil penelitian dianalisi menggunakan software SPSS 27 for windows. Hasil pengujian mengukur keterampilan berpikir menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, pengujian pemahaman konsep dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,008 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Ikatan Kimia
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Ismi Nura |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:14 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




