Musfira, Hafidal (2025) PENGARUH BRAND IMAGE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Yang Menabung Di PT. Bank Syariah Indonesia Cabang Lhoksemawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover Hafidal Musfira.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Abstrak Hafidal Musfira.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Bab I Hafidal Musfira.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka Hafidal Musfira.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Full Skripsi Hafidal Musfira.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Lhokseumawe, dengan objek penelitian mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Malikussaleh angkatan 2021–2024 yang menjadi nasabah BSI. Loyalitas nasabah merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan bank, terutama di tengah persaingan industri perbankan syariah. Brand image mencerminkan persepsi nasabah terhadap kualitas dan reputasi merek, sementara kepercayaan mencerminkan keyakinan terhadap integritas dan kredibilitas bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 81 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial antara brand image dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kepercayaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Secara simultan, brand image dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung 32,407 > F tabel 3,11. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik brand image dan semakin tinggi kepercayaan nasabah, maka semakin tinggi pula loyalitas mereka. BSI disarankan untuk terus menjaga kualitas pelayanan, komunikasi, dan transparansi agar kepercayaan dan loyalitas nasabah tetap terjaga. Kata Kunci: Brand Image, Kepercayaan, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah Indonesia, Mahasiswa Ekonomi Syariah
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 60202 - Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Hafidal Musfira |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:01 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 03:01 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




