RITONGA, RIZKY FEBRY ANGGI (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BENGKEL MOBIL MELALUI OPTIMALISASI PEMASARAN JASA (Studi Pada Bengkel Mobil RG Service Desa Benua Raja Kabupaten Aceh Tamiang). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER RIZKY.pdf Download (73kB) |
|
|
Text
ABSTRAK RIZKY.pdf Download (272kB) |
|
|
Text
BAB 1 RIZKY.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
DAPUS RIZKY.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
SKRIPSI RIZKY FEBRY ANGGI RITONGA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Bengkel Mobil RG Service melalui optimalisasi pemasaran jasa di Desa Benua Raja, Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam era persaingan industri otomotif yang semakin kompetitif, kemampuan sebuah usaha dalam mengelola kualitas layanan, hubungan dengan pelanggan, serta pemanfaatan teknologi menjadi kunci keberlangsungan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bengkel RG Service menerapkan strategi pengembangan bisnis melalui perluasan layanan, penerapan inovasi berbasis kebutuhan pelanggan, serta strategi komunikasi yang transparan untuk membangun loyalitas pelanggan. Strategi yang digunakan juga mencakup diversifikasi terkait, penetrasi pasar, dan integrasi ke belakang dalam hal kerja sama dengan supplier. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kelemahan, seperti kurangnya promosi digital, manajemen SDM yang belum optimal, dan ketergantungan modal pribadi dalam kerja sama dengan instansi. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan berkelanjutan dalam aspek promosi digital, penguatan manajemen keuangan, dan peningkatan kapasitas SDM agar strategi pengembangan bisnis dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan.seperti keterbatasan promosi digital, dan keterbatasan modal usaha, Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis melalui optimalisasi pemasaran jasa dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha bengkel apabila dijalankan secara terintegrasi, adaptif, dan didukung oleh pemanfaatan teknologi serta penguatan sumber daya internal.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | RIZKY FEBRY ANGGI RITONGA |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:17 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 04:17 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




