Aulina, Cut Ana (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIVISI MARKETING SUPPORT PT PUPUK ISKANDAR MUDA DALAM MENGELOLA PROGRAM-PROGRAM PROMOSI PRODUK PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
(COVER) SKRIPSI ANA DONE!.pdf

Download (134kB)
[img] Text
(ABSTRAK) SKRIPSI ANA DONE!.pdf

Download (144kB)
[img] Text
(BAB I) SKRIPSI ANA DONE!.pdf

Download (225kB)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA) SKRIPSI ANA DONE!.pdf

Download (157kB)
[img] Text
SKRIPSI CUT ANA AULINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bagian terpenting dari strategi pemasaran adalah adanya komunikasi pemasaran, yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli yang dapat membantu dalam pengambilan keputudan dibidang pemasaran serta dapat mengarahkan pertukaran kepada semua pihak. Persaingan bisnis yang ketat membuat perusahaan tidak hanya fokus mempromosikan produk, tetapi juga penting untuk mengelola kualitas hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, kriteria data dalam penelitian kualitatif adalah data yang pasti. Data yang pasti adalah data yang sebenarnya terjadi sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara dengan key informan serta studi dokumentasi. Divisi marketing support wilayah SUMBAGUT (sumatera bagian utara) adalah anak perusahaan yang bertanggung jawab kepada VP Komunikasi Pemasaran. Tugas dari Devisi Marketing Support PT PIM ini mengelola seluruh kegiatan promosi produk perusahaan yang berefek pada peningkatan penjualan produk, berfokus pada peningkatan citra produk bukan pada peningkatan citra perusahaan. Marketing Support juga sebagai media komunikasi pemasaran yang edukatif dengan konten promosi yang bersifat soft selling, membangun database konsumen dan key opinion leader melalui media online. Kegiatan promosi produk yang lebih dominan dilakukan adalah pada aktivitas kegiatan Sosialisasi Program, Demplot, Sampel Uji Tanah, Call Center dan Pameran, karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang terhubung langsung dengan pelanggan. Faktor penghambat yang terdapat saat menajalankan strategi kurangnya tenaga ahli yang tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan adanya persaingan antara perusahaan dibawah BUMN dan perusahaan Swasta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cut Ana Aulina
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:09
Last Modified: 25 Sep 2025 08:09
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by