Zikri, Syahrul (2025) ANALISIS PENGARUH PENGUNAAN SPEED BUMP TERHADAP KEBISINGAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Persimpangan Jln Simpang Ardat Jln Rel, Muara Dua Kota Lhoksemawe). S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (398kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (488kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (318kB)
[img] Text
SKRIPSI SYAHRUL ZIKRI FULL lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Akibat dari pertumbuhan transportasi yang pesat itu menimbulkan kebisingan pada lingkungkan. Kebisingan lingkungan merupakan masalah yang cukup banyak terjadi terutama pada daerah yang aktifitas sosial, ekonomi dan budayanya meningkat. Kebisingan adalah suara yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan. Pada studi yang telah dilakukan, studi membahas pengaruh pemasangan speed bump pada profil kecepatan kendaraan roda empat tipe multi purpose vehicle belum dilakukan. Mengacu pada penelitian yang akan dilakukan pada Lokasi Desa Meunasah mesjid, kecamatan muara dua kota lhoksemawe, dengan kondisi Penelitian banyak kegiatan seperti adanya persimpangan disertakan aktivitas sekolah, warung kopi, parkir mobil sembarangan dan banyak aktivitas masyarakat yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh hubungan antara kecepatan dan volume kendaraan terhadap kebisingan serta untuk mengetahui besar tingkat kebisingan sebelum dan setelah kendaraan melewati speed bump. Waktu pengambilan data dilakukan antara jam 07.00 – 18.00 Wib di jam-jam sibuk dan data yang diambil berupa volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan serta Metode yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah metode regresi linear berganda, untuk pengolahan data digunakan program software SPSS. Hasil penelitian ini berupa Pengaruh Tingkat hubungan volume kendaraan dan kecepatan kendaran terhadap Sebelum Melewati Speed Bump adalah 0,916 dimana dalam persen 91,6% tingkat kebisingan dipengaruhi oleh volume kendaraan dan kecepatan kendaraan dan untuk pengaruh tingkar kebisingan Setelah Melewati Speed Bump adalah 0,963 dimana dalam persen 96,3% tingkat kebisingan dipengaruhi oleh volume kendaraan dan kecepatan kendaraan. Secara keseluruhan, volume dan kecepatan kendaraan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap tingkat kebisingan, dengan persentase pengaruh antara 91,6% hingga 96,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: SYAHRUL ZIKRI
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:30
Last Modified: 25 Sep 2025 06:30
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by