Robbaniah, Izmi Annur (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover Skripsi Izmi 100% (1).pdf Download (31kB) |
|
|
Text
abstak Skripsi Izmi 100% (1).pdf Download (11kB) |
|
|
Text
bab 1 Skripsi Izmi 100% (1).pdf Download (137kB) |
|
|
Text
dapus Skripsi Izmi 100% (1).pdf Download (218kB) |
|
|
Text
Skripsi Izmi 100% FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK IZMI ANNUR ROBBANIAH: Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Struktur Atom. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil kognitif dan efikasi diri siswa kelas X SMAN 6 Lhokseumawe pada materi struktur atom. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan desain intact group comparasion. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 6 Lhokseumawe. Sampel penelitian ini adalah kelas X2 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan angket efikasi diri. Sebelum instrumen diujikan kepada sampel penelitian, instrumen terlebih dahaulu di validkan oleh para ahli dan instrumen tes tertulis tersebut diuji coba dengan kelompok peserta didik yang sudah menerima materi tersebut. Jenis uji yang dilakukan yaitu uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan beberapa uji yang telah dilakukan dari 35 soal terdapat 30 soal yang dinyatakan valid dan 5 soal tidak valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar kognitif dan efikasi diri pada kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan menggunakan model guided inquiry dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 83,43 dan angket efikasi diri sebesar 82,76 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,59 dan angket efikasi diri sebesar 63,81. Uji hipotesis menggunakan uji-t jenis independent sample t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada hasil belajar kognitif siswa dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada hasil angket efikasi diri siswa. Kata Kunci: Guided Inquiry, Hasil Belajar Kognitif, Efikasi diri, Struktur Atom.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Izmi Annur Robbaniah |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 05:25 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 05:25 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




