MAULIDYA, NUR WULAN (2025) PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (493kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Nur Wulan Maulidya: Penerapan Model Inquiry Based Learning Berbantuan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih menjadi masalah dalam pembelajaran matematika. Kondisi ini muncul karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat serta minimnya media yang dapat memvisualisasikan konsep abstrak secara nyata. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan didukung media yang mampu merepresentasikan objek secara visual, salah satunya dengan penggunaan media augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inquirybased learning berbantuan media augmented reality dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lhokseumawe, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas VII-1 dijadikan kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes (pretest dan posttest) serta lembar observasi. Data dianalisis menggunakan N-Gain dan diuji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk. Hasil analisis menunjukkan data kelas eksperimen tidak berdistribusi normal (p = 0,000), sedangkan kelas kontrol berdistribusi normal (p = 0,122). Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan Mann-Whitney U. Hasil uji menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, penerapan inquiry-based learning berbantuan augmented reality dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Kata Kunci: inquiry-based learning, augmented reality, pemahaman konsep matematis, bangun ruang sisi datar.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Nur Wulan Maulidya Wulan |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:14 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




