Amelia, Mutia Putri (2025) STRATEGI KOMUNIKASI ULP PT PLN RAYON KUALA SIMPANG DALAM PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE KEPADA MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf.pdf

Download (45kB)
[img] Text
abstrak.pdf.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Bab I.pdf.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Full-text.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi komunikasi yang diterapkan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) PT PLN Rayon Kuala Simpang dalam penggunaan Aplikasi PLN Mobile Kepada Masyarakat. Fokus utama dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana pemahaman masyarakat menggenai penggunaan Aplikasi PLN Mobile tersebut. Aplikasi PLN Mobile merupakan inovasi digital yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses layanan kelistrikan kepada pelanggan secara praktis dan efisien. Namun, tingkat pemanfaatan aplikasi ini di wilayah kuala simpang masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi komunikasi yang tepat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengawai ULP PT PLN, observasi terhadap kegiatan sosialisasi, serta dokumentasi pendukung lainnya. Penelitian ini didasarkan pada teori strategi komunikasi interaksional yang menekankan pentingnya komunikasi dua arah yang melibatkan timbal balik antara komunikator dan komunikan dalam proses penyampaian pesan.yang dimana (Source, Message, channel, Receiver, Feedback), (Source, yaitu sumber yang merupakan pihak PLN),(Message pesan yang disampaikan adalah berupa Aplikasi PLN Mobile), (Channel atau media yang digunakan yaitu media melalui media sosial , media cetak seperti instragram, atau brosur), (receiver atau yang penerima yaitu masyarakat yang dapat menerima dengan baik dan paham terhadap yang disampaikan oleh komunikator),(Feedback merupakan umpan timbal balik yaitu masyarakat itu sendiri).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh ULP PT PLN Rayon Kuala Simpang melibatkan komunikasi interpersonal, pemanfaatan media sosial dan berbagai media cetak dan penyebaran informasi melalui penyuluhan ke kantor – kantor atau ke sekolah- sekolah. Meskipun pendekatan ini mulai menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap PLN Mobile, tantangan seperti keterbatasan teknologi, dan jaringan yang tidak memungkinkan. Oleh karna itu, strategi komunikasi yang dijalankan perlu disesuaikan secara berkelanjutan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat lokal agar penggunaan Aplikasi PLN Mobile dapat semakin optimal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, ULP PT PLN Kuala Simpang, Dalam Penggunaan, Aplikasi PLN Mobile, Kepada Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mutia Putri Amelia
Date Deposited: 19 Sep 2025 03:33
Last Modified: 19 Sep 2025 03:33
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15765

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by