RENISA, DHEA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN DIGITAL MARKETING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PEMATANGSIANTAR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER DHEA RENISA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK DHEA RENISA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 1 DHEA RENISA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAPUS DHEA RENISA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
SKRIPSI DHEA RENISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Pelatihan Digital Marketing Oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Dalam Meningkatkan Akses Pasar UMKM Di Kota Pematangsiantar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi serta hambatan dalam pelaksanaan pelatihan digital marketing. Program pelatihan digital marketing merupakan kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan akses pasar, memperkuat daya saing, serta mendorong transformasi digital bagi pelaku UMKM agar mampu memasarkan produknya secara lebih luas dan efektif melalui platform digital. Namun dalam praktiknya, program ini belum berjalan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta dianalisis menggunakan teori implementasi kebijakan George C. Edwards III yang mencakup empat variabel utama: komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek partisipasi, para UMKM belum sepenuhnya berpartisipasi karena masih kurangnya sosialiasi yang dilakukan. Dari aspek terbatasnya akses pasar, Sebagian besar pelaku UMKM masih memasarkan produknya secara konvensional, terbatas pada konsumen sekitar dan belum menjangkau pasar yang lebih luas. Sementara dari segi pelatihan digital marketing, pelatihan digital marketing yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan masih terbatas pada waktu yang singkat dan belum disertai pendampingan berkelanjutan. Hambatan-hambatan tersebut diperkuat oleh lemahnya komunikasi, keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia, komitmen aparatur gampong sudah bagus namun masih terkendala teknis dan dukungan tim, serta belum optimalnya struktut birokrasi yang mendukung sistem secara terpadu. Oleh karena itu, diperlukan upaya perbaikan pada berbagai aspek agar implementasi program pelatihan digital marketing benar-benar dapat meningkatkan akses pasar, memperkuat daya saing, serta mendorong transformasi digital bagi pelaku UMKM agar mampu memasarkan produknya secara lebih luas dan efektif melalui platform digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: dhea renisa
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:30
Last Modified: 18 Sep 2025 02:30
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by