LAILA, ISRAUL (2025) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA H5P (HTML 5 PACKAGE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
ISRAUL LAILA_210710072_COVER.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
ISRAUL LAILA_210710072_ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
ISRAUL LAILA_210710072_BAB I.pdf Download (513kB) |
|
|
Text
ISRAUL LAILA_210710072_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
ISRAUL LAILA_210710072_PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA H5P (HTML 5 PACKAGE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih sering ditemukan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi ukuran pemusatan data. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan media H5P (HTML 5 Package) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Tempat penelitian SMA Negeri 7 Lhokseumawe dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Sampel penelitian yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Kelas yang terpilih adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Creative Problem Solving berbantuan H5p dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas yaitu uji Shapiro Wilk, uji homogenitas yaitu uji Levene Statistic, uji non parametrik yaitu Mann-Withney U dan uji One-Way ANOVA dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil yang didapatkan dari uji Shapiro Wilk untuk kelas eksperimen yaitu Sig.0,097 dan kelas kontrol Sig.0,044, uji non parametrik Mann-Withney U memperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,002, sedangkan hasil uji Levene Statistic memperoleh nilai Sig.0,140. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji One-Way ANOVA memperoleh nilai signifikan 0,002<α(α=0,05) yang mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan media H5P terhadap kemampuan pemahamaan konsep matematis siswa. Kata kunci: model Creative Problem Solving, media H5P, kemampuan pemahaman konsep.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Israul Laila ABD |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:55 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 04:55 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




