Zahwa, Rina (2025) ANALISIS PENGARUH BUSINESS INTELEGENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SHOPEE DAN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE ANALISIS PATH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (106kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
FULL TEX.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi Bussiness Intelligence (BI) menjadi semakin relevan. Bisnis intelijen berkaitan dengan keuntungan pada setiap perusahaan. yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan meningkatkan efisiensi pelaksanaan kerja, hingga pada akhirnya akan menghasilkan peningkatan layanan pelanggan dan kepercayaan yang baik dari pelanggan. Business Intelligence (BI) menjadi salah satu solusi untuk kebutuhan perusahaan, terutama dalam menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu perusahaan dalam mengambil keputusan secara lebih baik sehingga perusahaan tersebut dapat dipercaya dan menjadi langganan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, dengan jumlah sampel 250 pada mahasiswa unimal yang menggunakan shopee dan Tokopedia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian iniadalah menggunakan uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), dengan teknik analisis data (Analisis Path dan uji hipotesis (uji determinasi (R2), uji signifikansi simultan/uji f, dan uji signifikansi parameter individual/uji t). Dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh langsung dan tidah langsung variabel personalisasi, kualitas layanan dan business intelegence terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi shopee sebesar 68 % 2) dan pengaruh langsung dan tidah langsung variabel personalisasi, kualitas layanan dan business intelegence terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi tokopedia sebesar 60%. Kata Kunci : Businnes Intelegence, Loyalitas Pelanggan, Analisis Path
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | Rina Zahwa |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:50 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 08:50 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




