RAIYAN, ISNAINI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (14kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) berbantuan flashcard di SMP Negeri 4 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain non equivalent control. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest eksperimen yaitu 78,33 dan nilai rata-rata posttest kontrol yaitu 57,38. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji non parametrik yakni uji Mann-Whitney Test, diperoleh hasil sig(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil angket minat sebagian besar minat siswa meningkat berdasarkan skor rata-rata indikator minat sebesar 81,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Flashcard berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Listrik Statis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Raiyan Isnaini |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:19 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:19 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1529 |
Actions (login required)
View Item |