AMALIA, FATIHAH INDAH (2025) Analisis Usability Testing Aplikasi Action Mobile Bank Aceh Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Di Bank Aceh Cabang Pembantu Cunda Kota Lhokseumawe. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (81kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
|
Text
FULL_TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji usability aplikasi Action mobile Bank Aceh Syariah dengan menerapkan metode Human Centered Design dan Heuristic Evaluation untuk meningkatkan kepuasan pengguna di Bank Aceh Cabang Pembantu Cunda Kota Lhokseumawe. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya jumlah pengguna aplikasi Action mobile dibandingkan aplikasi mobile banking bank regional lain, meskipun aplikasi ini telah memperoleh rating yang baik di Google Play Store. Permasalahan utama yang di identifikasi meliputi keterbatasan fitur pembayaran e-commerce dan top-up e-wallet yang hanya mencakup beberapa platform (OVO, Gopay, dan LinkAja), Metode penelitian difokuskan pada aplikasi Action mobile versi 1.2.4, dengan pengumpulan data dari pengguna dan pakar, serta penilaian berdasarkan 10 karakteristik heuristik Nielsen. Proses perancangan solusi dilakukan menggunakan aplikasi Figma, dengan batasan penelitian pada aspek usability dan kepuasan pengguna aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya sejumlah permasalahan usability yang berdampak pada pengalaman pengguna, seperti navigasi yang kurang intuitif, informasi transaksi yang kurang jelas, dan keterbatasan fitur layanan. Rekomendasi solusi desain yang di hasilkan terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan dan kemudahan penggunaan aplikasi berdasarkan hasil evaluasi prototipe. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan layanan digital banking Bank Aceh Syariah, memperbaiki antarmuka dan fitur aplikasi sesuai kebutuhan pengguna, serta mendukung transformasi digital di sektor perbankan daerah. Temuan ini juga memberikan implikasi praktis bagi pengembang aplikasi dan stakeholder lain dalam merancang layanan mobile banking yang lebih inklusif, aman, dan mudah digunakan, sehingga mampu meningkatkan daya saing Bank Aceh Syariah di era digitalisasi perbankan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | fatihah indah amalia |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:30 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 07:30 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




