MUBINA, PUTRI FATHATUM (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (473kB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (347kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lhokseumawe, didapatkan informasi bahwa masih terdapat siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Oleh karena itu, diberikan solusi dengan penerapan model discovery learning menggunakan pendekatan berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model discovery learning menggunakan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lhokseumawe, dengan kelas VII-4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes. Pengujian hipotesis pada penelitian ini berbantuan SPSS 26 dengan menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U, karena data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U, diperoleh nilai signifikansi sebesar0,000, dimana 0,000> (=0,05) yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesisi yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning menggunakan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan berikir kreatif matematis siswa kelas VII.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Putri Fathatum Mubina |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:22 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 04:22 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/15043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




