Tumangger, Tutri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
SKRIPSI TUTRI TUMANGGER COVER.pdf Download (39kB) |
|
|
Text
SKRIPSI TUTRI TUMANGGER ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
|
Text
SKRIPSI TUTRI TUMANGGER BAB 1.pdf Download (348kB) |
|
|
Text
SKRIPSI TUTRI TUMANGGER DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
|
Text
SKRIPSI TUTRI TUMANGGER.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi di Indonesia berada pada tingkat yang rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi numerasi adalah kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang umumnya menggunakan metode konvensional seperti ceramah yang dimana model ini berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang berperan aktif pada proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif yaitu model MMP. Selain meningkatkan kemampuan literasi numerasi, model MMP juga diduga dapat mengasah keterampilan kolaborasi siswa. Hal ini dikarenakan langkah-langkah pembelajaran MMP dengan indikator keterampilan kolaborasi siswa saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP terhadap kemampuan literasi numerasi dan keterampilan kolaborasi siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan literasi numerasi dan angket keterampilan kolaborasi yang diberikan kepada kedua kelas sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran MMP. Pengujian hipotesis tes kemampuan literasi numerasi menggunakan uji parametrik independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 26 dengan perolehan nilai signifikansi 0,044 maka H_1 diterima, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran MMP terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Pengujian hipotesis angket keterampilan kolaborasi siswa juga menggunakan uji parametrik independent sample t-test dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,038, yang artinya H_1 diterima. sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran MMP terhadap keterampilan kolaborsi siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Tutri Uti Tumangger |
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:38 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 02:38 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




