suhaimi, yusril (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DARI YOUTUBE TERHADAP MINAT PEMBELIAN SMARTPHONE PADA KALANGAN REMAJA (Studi di Desa Aek Songsongan Provinsi Sumatera Utara). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover Yusril Suhaimi 180240154 Prodi Ilmu Komunikasi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Abstrak Yusril Suhaimi 180240154 Prodi Ilmu Komunikasi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I Yusril Suhaimi 180240154 Prodi Ilmu Komunikasi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Dapus Yusril Suhaimi 180240154 Prodi Ilmu Komunikasi.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Yusril Suhaimi 180240154 Prodi Ilmu Komunikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kanal Youtube "Gadget In" merupakan sumber terpercaya bagi konsumen yang ingin mencari informasi berkenaan tentang kelebihan ataupun kekurangan dari produk smartphone. Sehingga banyak dari pengguna Youtube mengakses konten review tersebut yang merupakan sumber komunikasi electronic word of mouth sebelum melakukan pembelian smartphone. Penelitian ini berjudul "Pengaruh Electronic Word Of Mouth dari Youtube "Gadget In" Terhadap Minat pembelian smartphone pada kalangan remaja di Desa Aek Songsongan. Teori yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja yang ada di Desa Aek Songsongan yang berjumlah 424 orang, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 sampel yang diperoleh dengan rumus Slovin dengan teknik Proportionate Strafied Random Sampling dan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regrsi linier sederhana dan di peroleh persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 2,870 + 0,899X dengan nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat Pengaruh Electronic Word Of Mouth dari Youtube kanal "Gadget In" Terhadap Perubahan Minat pembelian smartphone Pada Kalangan Remaja Desa Aek Songsongan dengan nilai R2 sebesar 51,8% sedangkan sisanya 48,2% di pengaruhi oleh faktor lainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Influencer, Youtube, Remaja, Teori SOR (Stimulus, Organism, Respons), Minat Pembelian, Smartphone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: yusril suhaimi
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:41
Last Modified: 27 Aug 2025 03:41
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by