FIRDAUSI, MUTIARA AZMI (2025) ANALISIS KESUKSESAN TIKTOK SHOP MENGGUNAKAN MODEL DELON DAN MCLEAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER Mutiara Azmi Firdausi.pdf Download (96kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
Mutiara Azmi Firdausi_210180149.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi mendorong pertumbuhan e-commerce di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu platform yang significant adalah TikTok Shop, yang memadukan fitur media sosial dan layanan belanja daring. Pada tahun 2024, Gross Merchandise Value (GMV) TikTok Shop di seluruh dunia mencapai US$32,6 miliar, mencerminkan tingginya adopsi platform ini. Fitur seperti pembelian langsung melalui video, sistem pembayaran terintegrasi, dan interaksi real-time memberikan pengalaman belanja yang unik bagi pengguna. Namun, sejumlah kendala seperti deskripsi produk yang tidak akurat dan masalah teknis masih menjadi tantangan yang dapat memengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan TikTok Shop dengan memanfaatkan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean, Model ini mencakup beberapa dimensi penting kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode analisis data yang dilakukan melalui Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah menggunakan perangkat lunak AMOS versi 22. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang merupakan pengguna aktif TikTok Shop. Sebanyak sembilan hipotesis diuji, dengan hasil menunjukkan bahwa enam hipotesis signifikan dan tiga tidak signifikan. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan (H3) dan kepuasan pengguna (H6), sementara kualitas informasi hanya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (H5). Penggunaan terbukti memengaruhi kepuasan pengguna (H7) dan minat berkelanjutan (H8), serta kepuasan pengguna berpengaruh terhadap minat berkelanjutan (H9). Sebaliknya, kualitas sistem dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan (H1 dan H2), dan kualitas sistem tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (H4) Kata Kunci: Tiktok Shop, Model Delone Dan Mclean, Kepuasan Pengguna, Manfaat Bersih, AMOS.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | Mutiara Azmi Firdausi |
| Date Deposited: | 22 Aug 2025 09:12 |
| Last Modified: | 22 Aug 2025 09:12 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




