Alifa, Suci (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (125kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (462kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
|
Text
Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara lain siswa belum bisa menjawab soal dengan berbagai cara dan minimnya media pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model collaborative learning berbantuan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan melalui penerapan model collaborative learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan model konvensional pada materi bangun datar segiempat di SMP Negeri 1 Simpang Mamplam. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Simpang Mamplam. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas yang dipilih yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Intsrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan lembar observasi. Tes yang digunakan bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan lembar observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran. pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t test dengan taraf signifikan< 0,05. Hasil yang didapatkan dari data pretest dan posttest nilai asymp sig (2-tailed) adalah 0,002, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan melalui penerapan model collaborative learning berbantuan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan model konvensional pada materi bangun datar segiempat.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Suci Alifa |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:01 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 04:01 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




