Nisa, Khairun (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan suatu permasalahan berupa rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran matematika. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran active learning yang didukung oleh video pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran ini terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Muara Batu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis, yang terdiri dari 3 butir soal essay. Data dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik berupa uji mann whitney. Dari hasil analisis data, ditemukan bahwa nilai signifikan asymp sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran active learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:20
Last Modified: 20 Aug 2025 03:20
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by