Purba, Rizkiyah Trihani (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Confidence. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER SKRIPSI RIZKIYAH.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK RIZKIYAH.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 1 RIZKIYAH.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIZKIYAH.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Skripsi Rizkiyah Trihani Purba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan self confidence siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, sehingga siswa merasa bosan dan kurang kreatif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang inovatif, yaitu model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self confidence. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Non-Equivalent Grup Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs S Syamsudduha. Sampel ditentukan secara purposive sampling, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 18 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif dan angket self confidence. Sebelum pembelajaran dengan menggunakan model RADEC, dilakukan uji kesetaraan awal (pretest) menggunakan uji non-parametrik dengan hasil Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,083 menunjukan bahwa kedua kelas tersebut setara. Data kemampuan berpikir kreatif yang tidak berdistribusi normal dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan data self confidence yang berdistribusi normal dan homogen dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil uji pada kemampuan berpikir kreatif memiliki nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,000 yang menunjukan bahwa Asymp Sig. 2-tailed < α (α = 0,05) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir kreatif. Sedangkan nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,644 pada self confidence menunjukan bahwa Asymp Sig. 2-tailed ≥ α (α = 0,05) artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap self confidence.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizkiyah Trihani Purba
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:51
Last Modified: 19 Aug 2025 01:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by