Khairuna, Rifka (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover skripsi rifka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi rifka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I skripsi rifka.pdf

Download (510kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi rifka.pdf

Download (386kB)
[img] Text
asli SKRIPSI RIFKA KHAIRUNA (200710009) asli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa, minimnya aktivitas siswa, model pembelajaran yang kurang efektif, dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Methode dengan jenis Sequential Exploratory dan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Sampel yang dipilih adalah X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi , angket respon siswa , dan tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving sangat meningkatkan aktivitas siswa yang terlihat pada pertemuan pertama dengan skor 85,00 (baik) dan pada pertemuan kedua dengan skor 98,75 (sangat baik), respon siswa dengan baik, serta hasil belajar siswa yang meningkat signifikan dari rata-rata pretest 25,26 menjadi rata-rata posttest 76,58, yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan Independent Samples Test menghasilkan nilai asym sig (2-tailed) 0,005, yang membuktikan bahwa model ini efektif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Rifka Khairuna
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:08
Last Modified: 14 Aug 2025 03:08
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by