DIYA, SABRINA AYU (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INDOMARET DALAM MEMPERKUAT CONSUMER LOYALTY, KOMPARATIF DENGAN KIOS DAN GROSIR TRADISIONAL (Studi Pada Indomaret Cabang Simpang Seumadam, Aceh Tamiang). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER SABRINA.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
ABSTRAK SABRINA.pdf Download (416kB) |
|
|
Text
BAB 1 SABRINA.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
DAPUS SABRINA.pdf Download (476kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULL SABRINA.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparatifkan strategi pemasaran, serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen (Consumer Loyalty) pada Indomaret Simpang Seumadam, serta mengkomparatifkannya dengan kios dan grosir tradisional. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu, kepala toko, karyawan, dan konsumen Indomaret Cabang Simpang Seumadam, serta pemilik dan konsumen kios dan grosir tradisional. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perbedaan antara strategi pemasaran Indomaret Cabang Simpang Seumadam dengan kios dan grosir tradisional untuk memperkuat consumer loyalty dianalisis menggunakan konsep Marketing Mix (4P), yaitu produk (Product), harga (price), tempat (place), dan promosi (Promotion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kios dan grosir tradisional unggul dari segi produk, karena mampu menyediakan barang yang lengkap dan stok yang selalu tersedia, serta dari segi harga yang cenderung lebih murah, fleksibel, dan dapat dinegosiasikan. Sebaliknya, Indomaret unggul dalam aspek tempat, karena memiliki desain toko modern yang nyaman, bersih, dan tertata rapi, serta dalam aspek promosi yang lebih aktif, inovatif, dan berkelanjutan, termasuk melalui pemanfaatan aplikasi digital (MyIndomaret), media sosial, dan program loyalitas poin. (2) Faktor-faktor apa saja yang memengaruhi consumer loyalty pada Indomaret Simpang Seumadam komparatif dengan kios dan grosir tradisional, dianalisis menggunakan Nilai pelanggan (customer value), Citra merek (Brand image), serta kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan tiga faktor utama yang memengaruhi loyalitas konsumen (Concumer Loyalty), Nilai pelanggan (customer value), di mana Indomaret unggul secara fungsional lewat kemudahan, kenyamanan, keamanan produk, serta promo dan reward, sedangkan kios tradisional menonjolkan nilai emosional seperti kedekatan, fleksibilitas pembayaran, dan akses cepat. Citra merek (brand image), Indomaret memiliki citra kuat dan konsisten secara nasional, sementara loyalitas pada kios lebih bersifat personal karena kurangnya citra yang terstandar. Dan terakhir pada Kualitas produk, keduanya menawarkan kualitas barang yang relatif sama, namun berbeda dalam penataan dan sistem manajemen.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | SABRINA AYU DIYA |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:23 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:23 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




