Fadhilah, Nur (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DAYA RETENSI MATEMATIS DENGAN BANTUAN SOFTWARE MURAL. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (251kB)
[img] Text
SKRIPSI NURFADHILAH (210710033) cetak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan daya retensi matematis pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurang telitinya siswa dalam menyelesaikan soal dikarenakan kurangnya membaca, melakukan tanya jawab, mengulang kembali pelajaran, dan berdiskusi serta masih kurangnya memanfaatkan teknologi dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran dengan bantuan media digital yang dapat mendorong siswa dalam membaca, melakukan tanya jawab, mengulang kembali pembelajaran, dan berdiskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan daya retensi siswa dengan bantuan software mural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment serta desain penelitian The Noneequivalent Pretest Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta Makmur. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non-tes angket daya retensi matematis. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji normalitas dan dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan bantuan software mural. Sedangkan pengujian hipotesis kedua menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, yang menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap daya retensi matematis dengan bantuan software mural.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Fadhilah
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:43
Last Modified: 05 Aug 2025 03:43
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13395

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by