RAMADHANI, SITI SALSABILA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SORT BERBANTUAN GEOGEBRA. S1 thesis, universitas malikussaleh.
|
Text
Skripsi Siti Salsabila Ramadhani 210710039 cover.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
Skripsi Siti Salsabila Ramadhani 210710039 abstrak.pdf Download (346kB) |
|
|
Text
Skripsi Siti Salsabila Ramadhani 210710039bab 1.pdf Download (498kB) |
|
|
Text
Skripsi Siti Salsabila Ramadhani 210710039 dapus.pdf Download (263kB) |
|
|
Text
Skripsi Siti Salsabila Ramadhani 210710039 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
SITI SALSABILA RAMADHANI: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Card Sort Berbantuan Geogebra. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh 2024. Literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes literasi numerasi yang dilakukan di SMA Negeri 5 Lhokseumawe, kemampuan siswa masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik serta terbatasnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Akibatnya, siswa cenderung tidak aktif dan pembelajaran kurang menyenangkan. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode pembelajaran yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa, salah satunya ialah metode pembelajaran card sort berbantuan geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui metode pembelajaran card sort berbantuan geogebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan geogebra. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan terpilih kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan XI-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk melihat kemampuan literasi numerasi siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data pretest dan posttest didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai tersebut ≤ 0,05, maka H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa yang menggunakan metode pembelajaran card sort berbantuan geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan geogebra. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi Siswa, Card sort, Geogebra
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Siti Salsabila Ramadhani |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:38 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 04:38 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




