Salsabila, Larasati Asa (2025) Pengaruh Story Instagram Terhadap Gerakan Boikot Produk Pro Israel Di Kalangan Himpunan Mahasiswa Islam Kota Lhokseumawe. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf

Download (624kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Instagram sebagai alat mobilisasi boikot produk memiliki peran yang sangat penting dalam era digital saat ini. Instagram menawarkan platform yang sangat efektif untuk menyebarkan pesan, mengorganisir aksi kolektif, dan membangun kesadaran terhadap isu-isu sosial dan politik. Story, merupakan salah satu fitur instagram. Melalui story, aktivis dan pengguna biasa dapat menyebarkan poster digital, kutipan, tautan petisi, hingga ajakan untuk tidak membeli produk tertentu secara instan dan real-time. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Story Instagram Terhadap Gerakan Boikot Produk Pro Israel di Kalangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Lhoseumawe”. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organism Respons. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh story instagram terhadap gerakan boikot produk pro Israel di kalangan HMI Lhokseumawe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini merupakan populasi finit atau diketahui jumlahnya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden yang didapat dengan metode simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menyebarkan g-form dan dilanjutkan dengan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji signifikansi dan uji koefisian determinasi. Hasil penelitian menunjukan thitung lebih besar dari ttabel (11.251 > 1.666) dan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000. Dengan hasil tersebut dapat disimpukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pengaruh Story Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap gerakan boikot produk pro Israel dikalangan HMI Kota Lhokseumawe. Kemudian hasil yang didapat setelah dilakukan uji koefisien adalah korelasi sebesar 0,800 yang artinya tingkat korelasi tinggi. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel story instagram terhadap gerakan boikot produk pro Israel. Lalu, pada perhitungan koefisien determinasi (R Square) diperoleh hasil sebesar 0,641 yang artinya variabel story instagram memberi pengaruh sebesar 64,1% terhadap gerakan boikot produk pro Israel di Kalanga HMI Lhokseumawe. Sedangkan 35,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JX International law
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Larasati Asa Salsabila
Date Deposited: 01 Aug 2025 05:08
Last Modified: 01 Aug 2025 05:08
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by