DIANI, RAIHAN (2025) EVALUASI KUALITAS PENGGUNAAN APLIKASI TRAVELOKA MENGGUNAKAN MODEL FURPS (FUNCTIONALITY, USABILITY, RELIABILITY, PERFORMANCE, SUPPORTABILITY). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (139kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
|
Text
FULL-TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Traveloka merupakan salah satu aplikasi OTA terpopuler di Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket dan akomodasi secara online. Namun pada tahun 2023, data menunjukkan adanya penurunan signifikan jumlah pengguna Traveloka. Penurunan ini disinyalir terjadi akibat meningkatnya persaingan antar OTA serta banyaknya keluhan pengguna terkait kualitas layanan aplikasi Traveloka. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas penggunaan aplikasi Traveloka menggunakan model FURPS, yang mencakup lima variabel yaitu Functionality, Usability, Reliability, Performance, dan Supportability. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dan analisis deskriptif. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel Usability, Performance, dan Supportability berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas aplikasi (Quality), sedangkan Functionality dan Reliability tidak berpengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna lebih menekankan pada aspek kemudahan penggunaan, kecepatan aplikasi, dan dukungan layanan dalam menilai kualitas aplikasi. Sementara itu, hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa semua variabel FURPS dalam mengukur kualitas penggunaan aplikasi Traveloka berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 78.20%, skor tertinggi pada variabel Performance (79,39%) dan skor terendah pada Reliability (77,18%). Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun secara umum aplikasi Traveloka dinilai baik oleh pengguna, masih terdapat aspek-aspek tertentu yang perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas layanan sangat diperlukan agar Traveloka dapat mempertahankan posisinya di tengah persaingan industri OTA yang semakin kompetitif.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
| Depositing User: | RAIHAN DIANI |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 03:56 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 03:56 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




