MAYANI, ISRA (2025) PENGARUH PENGETAHUAN LINGKUNGAN, KEPEDULIAN LINGKUNGAN, DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN "THRIFTING" PADA MAHASISWA/I DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER ISRA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK ISRA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 1 ISRA.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAPUS ISRA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
SKRIPSI ISRA MAYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Thrifting diperkirakan mulai populer di Indonesia pada periode 1997-1998. Kemunculannya bertepatan dengan masa ketika negara ini sedang menghadapi gejolak ekonomi akibat krisis moneter. Thrifting dianggap sebagai aktivitas ramah lingkungan karena membantu mengurangi limbah dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang masih layak pakai, memungkinkan barang tersebut untuk dijual kembali dan digunakan oleh orang lain. Kegiatan thrifting menjadi sangat populer di kalangan mahasiswa, selain hemat, kegiatan membeli pakaian bekas juga berkontribusi terhadap pengurangan limbah tekstil di kota Lhokseumawe. Namun, meskipun thrifting memiliki potensi besar untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan, tidak semua individu memiliki niat untuk melakukannya. Sebelum proses pengambilan keputusan dalam pembelian suatu produk, konsumen akan memiliki suatu kesadaran atau niat untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli mahasiswa/i Universitas Malikussaleh terhadap produk ramah lingkungan “Thrifting”. Penelitian ini menggunakan data primer yang menggunakan instrumen penelitian berupa angket kuesioner. Responden yang digunakan sebanyak 140 orang mahasiswa/i Universitas Malikussaleh yang pernah membeli thrifting. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda serta pengujian hipotesis berupa Uji-t (parsial). Hasil pengujian instrumen penelitian menunjukkan hasil valid dan reliabel sehingga layak untuk dipergunakan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial ditemukan bahwa Pengetahuan Lingkungan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap niat beli thrifting. Sementara itu, ditemukan bahwa Kepedulian dan Kesadaran Lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli thrifting.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen
Depositing User: isra mayani
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:06
Last Modified: 01 Jul 2025 08:06
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by