Parameswari, Naja Hani (2025) PENGARUH TIKTOK SHOP TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU BELANJA (KAJIAN NETNOGRAFI PADA KONSUMEN ONLINE GENERASI Z DI SOCIAL COMMERCE). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Full Text Skripsi Naja Hani Parameswari 200230011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kecanggihan teknologi digital memberikan kemudahan bagi manusia sehingga membawa perubahan signifikan dalam kehidupan. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi digital yang hadir dikehidupan manusia yaitu smartphone atau ponsel pintar. Ponsel pintar terjadi karena adanya internet yang dapat terhubung ke perangkat sehingga manusia bisa menciptakan berbagai bentuk aplikasi dan fitur-fitur pada ponselnya untuk mendukung kemudahan hidup. Salah satu aplikasi yang tercipta yaitu TikTok. Dalam aplikasi ini terdapat banyak hal yang bisa dilakukan manusia mulai dari mencari referensi, hiburan, hingga aktifitas berbelanja sehingga membuat perubahan perilaku pada manusia di berbagai kalangan. Skripsi ini membahas perubahan perilaku belanja pada generasi Z di TikTok Shop sebagai platform social commerce yang diperkenalkan pada tahun 2021. Melalui pendekatan netnografi, penelitian ini mengeksplorasi perilaku belanja pengguna, khususnya generasi Z, yang dipengaruhi oleh interaksi sosial dan tren di media sosial. Dalam penelitian ini menunjukan hasil bahwa banyak generasi Z yang lebih memilih berbelanja online di TikTok karena banyak faktor yang mereka dapatkan. Generasi Z dalam berbelanja online di TikTok Shop memiliki berbagai perilaku berbelanja karena tujuan dan alasan tersendiri, ada yang menjadi impulsif dan sebagian memanfaatkannya dengan bijak. Disisi lain penelitian ini juga menunjukan revolusi TikTok yang awalnya sebuah media sosial kini menjadi social commerce. Pendiri aplikasi ini mengakuisisi Musical.ly dan mengintegrasikannya dengan TikTok sehingga platform ini berhasil memperluas basis pengguna di Indonesia, menjadikannya sebagai salah satu aplikasi belanja online paling banyak diunduh. Penelitian ini menggunakan teori use and gratifications oleh Katz, yang menjelaskan bagaimana pengguna memanfaatkan TikTok untuk memenuhi kebutuhan sosial dan hiburan sambil berbelanja. Meskipun menghadapi tantangan regulasi pemerintah terkait penggabungan media sosial dan e-commerce, TikTok Shop tetap menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dengan kemitraan strategis bersama Tokopedia dan GoTo. Kata Kunci: TikTok Shop, Social Commerce, Netnografi, Perilaku Belanja, Perubahan Perilaku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 82201 - Jurusan Antropologi
Depositing User: Naja Hani Parameswari
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:51
Last Modified: 23 Jun 2025 04:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by