KHALILLAH, NUR (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL PADA USAHA UMKM DI KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
|
|
Text
ABSTARCT.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (295kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang faktor penyebab beberapa usaha produk selebrasi di Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe kurang diketahui oleh khalayak ramai, dan mengetahui seberapa efektif pemasaran usaha produk selebrasi melalui platform media sosial Instagram. Perspektif teoritik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Thana, et al. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor penyebab beberapa usaha produk selebrasi di Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe kurang diketahui oleh khalayak ramai, diantaranya: a) Lokasi tempat usaha yang kurang strategis; b) Produk selebrasi yang dihasilkan tidak mengikuti tren perkembangan zaman; dan c) Kurang melakukan promosi terhadap produk selebrasi yang dihasilkan baik secara langsung maupun melalui media sosial Instagram; dan 2) Pemanfaatan aplikasi Instagram terbukti efektif dalam pemasaran usaha produk selebrasi dan meningkatkan penjualan produk. Hal ini dilihat dari tingkat keberhasilan suatu produk, omset yang dihasilkan, dan perluasan jaringan pemasaran. Oleh karena itu, usaha produk selebrasi yang kurang diketahui oleh khalayak ramai dapat berbenah dengan berpindah ke tempat usaha yang lebih strategis seperti di depan jalan raya atau di jalan dekat kampus, menghasilkan produk selebrasi sesuai dengan tren perkembangan zaman, dan selalu aktif mempromosikan usaha produk selebrasinya baik secara langsung maupun secara online bukan hanya melalui aplikasi Instagram saja tetapi juga melalui aplikasi-aplikasi media sosial lain agar produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga mereka tertarik untuk membelinya.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63211 - Jurusan Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | NUR KHALILLAH |
| Date Deposited: | 13 Jun 2025 03:17 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 03:17 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




