RAHAYU, RIKA (2024) PENGARUH MODEL PEM,BELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASISI MODUL AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (26kB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (127kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (49kB) |
|
|
Text
Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
RIKA RAHAYU: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Modul Ajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis modul ajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pretest-posttest group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Lhokseumawe dengan populasi yang terdiri dari siswa kelas XI IPA semester ganjil, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 56 orang siswa. Pengumpulan data untuk komponen kompleks menggunakan teknik wawancara dan uji hasil belajar kognitif siswa. Uji hasil belajar kognitif siswa menggunakan tes tertulis terdiri dari pretest dan posttest dengan tipe soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis modul ajar. Hasil Penelitian memperlihatkan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 6 Lhokseumawe diperoleh rata- rata sebesar 79 dengan standar deviasi 15,63. Model pembelajaran discovery learning berbasis modul berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis kelas XI IPA SMA Negeri 6 Lhokseumawe dengan rata-rata nilai posttest kelas sebesar 79 dengan kriteria baik. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis sig 0.000 < 0,05 yang membuktikan bahwa Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis modul ajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi fluida statis di SMAN 6 Lhokseumawe. Siswa yang memperlihatkan kreatifitas dan pemahaman lebih tinggi terlihat dari hasil belajar kognitif siswa yang menunjukkan nilai maksimal. Kata Kunci: discovery learning, fluida statis, posttest, pretest
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | rahayu rika |
| Date Deposited: | 23 May 2025 08:47 |
| Last Modified: | 23 May 2025 08:47 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




