Fauziah, Fauziah (2025) Analisis Isi Pesan Edukasi Pada Akun TikTok @Daffaspeaks. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
FAUZIAH_190240049_COVER.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
FAUZIAH_190240049_ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
FAUZIAH_190240049_BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
FAUZIAH_190240049_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Analisis Isi Pesan Edukasi Pada Akun TikTok @Daffaspeaks” penelitian ini berfokus kepada analisis isi pesan edukasi dan gaya komunikasi Teuku Daffa pada konten tips & trik public speaking di akun @Daffaspeaks. Di era digitalisasi saat ini, perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan dan manfaat dalam berkomunikasi dan belajar, terutama di bidang pendidikan dan pengembangan keterampilan komunikasi seperti public speaking. Salah satu platform media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia terutama di kalangan muda adalah TikTok. Media sosial TikTok memiliki peran yang signifikan dalam penyebaran informasi, pembelajaran dan berbagi pengetahuan. Salah satu akun yang menarik perhatian dalam konteks edukasi public speaking adalah akun TikTok @daffaspeaks. Yang menarik dari objek penelitian ini ada pada konten yang dihasilkan Teuku Daffa, yang memiliki perbedaan dengan konten creator lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis isi pesan edukasi pada akun TikTok @Daffaspeaks, untuk mengetahui dan menganalisis gaya komunikasi yang digunakan oleh Teuku Daffa dalam menyampaikan pesan edukasi. Menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori content analysis menurut Holsti. Hasil dari penelitian ini adalah pesan edukasi dalam tujuh konten video pada akun TikTok @daffaspeaks. Terdapat pesan edukasi di setiap video yang diteliti. Pertama, mempersiapkan dan memahami materi agar lebih siap ketika berbicara di depan umum dan menggunakan teknik pernapasan 4-7-8 untuk mengatasi cemas atau gugup. Kedua, memasukkan humor pada acara informal agar pembicaraan lebih menarik, santai dan menyenangkan. Ketiga, latihan improvisasi dengan konsisten untuk menambah kosakata. Keempat, meningkatkan skill public speaking dengan teknik storytelling. Kelima, mengasah kemampuan berbicara di depan umum dengan cara-cara yang praktis seperti latihan artikulasi, latihan di depan cermin. Keenam, mempersiapkan materi, berbicara dengan tenang, dan pengucapan kata atau artikulasi yang jelas dan tepat untuk menghindari kesulitan dan kebingungan saat presentasi. Ketujuh, menggunakan gesture yang baik dan terbuka ketika public speaking agar lebih percaya diri, dan komunikasi lebih efektif serta memberikan kesan positif kepada audiens. Pemilik akun TikTok @daffaspeaks sebagai pembuat konten edukasi tips & trik public speaking menggunakan dua dari enam gaya komunikasi dalam pembuatan konten edukasinya yaitu gaya komunikasi terstruktur dan gaya komunikasi dua arah. Kata kunci: Analisis Isi, Pesan Edukasi, TikTok @Daffaspeaks, Gaya Komunikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 09:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 09:13 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |