Ukhra, Aura Radhiatul (2024) PENGARUH METODE NATURE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ARUN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
FULL TEXT - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh metode Nature Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X di SMAN Modal Bangsa Arun serta mengetahui partisipasi siswa dalam pembelajaran puisi dengan menggunakan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode Nature Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data melalui pengumpulan data keterampilan menulis puisi melalui tes menulis puisi pretest dan posttest, sedangkan data partisipasi siswa pada kelompok eksperimen dikumpulkan melalui angket. Analisis data keterampilan menulis puisi menggunakan uji-t untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dan analisis data partisipasi siswa dihitung berdasarkan rumus guna mendapatkan hasil dari partisipasi siswa setelah diterapkan metode nature learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini didapatkan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang berlaku umum yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Nature Learning terhadap peningkatan keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X di SMA Negeri Modal Bangsa Arun. Siswa yang belajar melalui metode Nature Learning menunjukkan kreativitas yang lebih tinggi dan kepekaan yang lebih baik terhadap penggunaan bahasa dan imaji dalam puisi. Partisipasi siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode nature learning 24 siswa pada kategori sangat tinggi, 8 siswa tinggi, dan 2 siswa dalam kategori kurang dengan persentase keseluruhan siswa 94,4% siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran menggunakan metode Nature Learning. Kata kunci: Nature Learning, keterampilan menulis puisi, partisipasi siswa, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Aura Radhiatul Ukhra
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:07
Last Modified: 22 Apr 2025 06:07
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by