AISYAH, SAIYYIDAH (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI PENJUALAN DAN PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan e-commerce telah mengubah pola belanja masyarakat, termasuk di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi penjualan, dan pengalaman pengguna terhadap impulse buying pada platform Shopee di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 98 responden, dipilih melalui teknik cluster random sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengalaman pengguna memiliki pengaruh signifikan terhadap impulse buying (sig. 0,014 < 0,05), sedangkan kualitas produk (sig. 0,320 > 0,05) dan promosi penjualan (sig. 0,672 > 0,05) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks e-commerce, khususnya Shopee, pengalaman pengguna memegang peran krusial dalam mendorong pembelian impulsif di kalangan mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya optimalisasi user interface dan user experience bagi platform e-commerce. Shopee disarankan untuk meningkatkan aspek pengalaman pengguna, sembari tetap mempertahankan standar kualitas produk dan mengevaluasi efektivitas strategi promosi. Kata kunci: E-commerce, Impulse buying, Kualitas Produk, Pengalaman Pengguna, Promosi Penjualan, Shopee.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Saiyyidah Aisyah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:48 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 03:48 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |