Lubis, Nasrulloh (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) DI SMA N 1 KOTANOPAN PADA RUAS JALAN LINTAS MEDAN–PADANG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
NASRULLOH LUBIS 200110161.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
SMA N 1 Kotanopan adalah salah satu sekolah yang memiliki akses langsung dengan jalan arteri primer dimana rata-rata kendaraan yang melintas memiliki kecepatan tinggi. Evaluasi penerapan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) perlu dilakukan, agar perilaku penyeberang jalan, perilaku pengantar dan kecepatan kendaraan dapat diketahui, apakah sudah berperilaku selamat atau belum selamat. Kemudian dapat kita tarik kesimpulan apakah Zona Selamat Sekolah tersebut sudah efektif dalam penerapannya atau belum. Metode yang digunakan untuk menganalisis kondisi eksisting fasilitas ZoSS dan kondisi keselamatan pengguna jalan dengan adanya ZoSS mengacu pada peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor SK 3582/AJ 403/DRJD/2018. Analisa data dilakukan menggunakan statistik distribusi normal (uji Z), dengan membandingkan nilai Zhitung dengan nilai Ztabel dengan tingkat kesalahan 5%, serta menghitung tingkat kepatuhan untuk perilaku penyeberang, perilaku pengantar dan kecepatan kendaraan. Dari penelitian ini, Kondisi eksisting fasilitas ZoSS memerlukan beberapa penambahan dan perbaikan sesuai dengan aturan standar. Data perilaku penyeberang dan pengantar di SMA N 1 Kotanopan dapat dinyatakan “sudah selamat” dengan Zhitung > Ztabel. Dengan tingkat kepatuhan perilaku penyeberang sebesar 66,67% dinyatakan “sudah efektif”. Dan tingkat kepatuhan perilaku pengantar sebesar 73,21% dinyatakan “sudah efektif”. Data kecepatan rata-ratasesaat selama tiga hari pengamatan dari kedua arah adalah 28,96 km/jam. Dengan nilai Zhitung lebih besar dari nilai Ztabel dinyatakan belum sesuai dengan ketentuan batas kecepatan maksimal dengan tingkat kesalahan 5 %. Dengan tingkat kepatuhan 15,24% yang dimana efektifitas 0%-19.99% di katakan kurang efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasrulloh Lubis |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:39 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:39 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |