SALVIA, ANITA (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
ANITA SALVIA_190720032_COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
ANITA SALVIA_190720032_ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ANITA SALVIA_190720032_BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ANITA SALVIA_190720032_Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
ANITA SALVIA_190720032_Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ANITA SALVIA : Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Model Pembelajarran Poject Based Leaning (PjBL) Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 3 Lhokseumawe. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2023. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon dari modul kimia berbasis kurikulum merdeka pada materi ikatan kimia serta minat belajar peserta didik terhadap pelajaran kimia. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dimana tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini adalah 3 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik di SMA Negeri 3 Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validator ahli materi mendapatkan kategori valid dengan persentase 78,5%, sedangkan nilai validator ahli media mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase 91,33%. Nilai rata-rata dari kelayakan yang dilakukan oleh 3 orang guru kimia didapatkan sebesar 91,84% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk nilai rata-rata 30 orang peserta didik didapatkan 91,71% dengan kategori sangat baik. Hasil angket minat belajar kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata 63,26 dengan kriteria cukup dan di kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran PjBL mendapatkan nilai rata-rata 83,75% dengan kriteria baik. Berdasarkan nilai yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa modul kimia berbasis kurikulum merdeka dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi ikatan kimia yang dikembangkan sangat layak dan sangat baik sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Anita Anita Nita
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:13
Last Modified: 23 Feb 2024 03:13
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by