MARDIANA, MARDIANA (2024) ANALISIS GAYA KOMUNIKASI HUSAIN BASYAIBAN DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, universitas malikussaleh.
![]() |
Text
cover.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MARDIANA_200240205.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Dakwah adalah setiap ucapan, ideologi, atau perilaku yang secara jelas maupun tersirat untuk mengajak manusia ke arah yang positif (dalam pandangan Islam), perilaku yang baik, amal saleh, atau mengarahkan untuk kebenaran dalam bingkai ajaran Islam. Husain Basyaiban merupakan mubalig atau pendakwah Indonesia yang sekarang tengah populer di kalangan masyarakat, dikarenakan Husain Basyaiban aktif berdakwah di media sosial TikTok. Fokus penelitian dalam skrispsi ini adalah: konten yang dibuat pada tahun 2024 dari bulan Januari sampai dengan bulan April 2024 dengan mengambil 10 video yang berkenaan dengan dakwah dalam beberapa bulan tersebut, adapun menjadi permasalahan bagaimana gaya komunikasi Husain Basyaiban dalam menyampaikan dakwah pada akun media sosial TikTok pada periode tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi Husain Basyaiban dalam menyampaikan dakwah pada akun media sosial TikTok pada periode tahun 2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana penelitian ini lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas dan menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya. Metode yang digunakan yakni observasi, serta dokumentasi. Data primernya didapat dari sejumlah video dakwah di akun TikTok @KadamSidik, sedangkan data sekunder dari literatur seperti buku, jurnal, maupun data-data dari internet. Adapun hasil analisisnya menunjukkan bahwa Husain Basyaiban menggunakan gaya komunikasi The Equalitarian Style, The dynamic style, The controlling style, the structuring style. Digunakan Husain Basyaiban untuk menampilkan interaksi langsung antara dai dan audiens di platform seperti TikTok. Melalui fitur seperti komentar dan live streaming, penceramah dapat menerima masukan dan pertanyaan secara real-time, lalu menyesuaikan pesan mereka untuk menjawab kebutuhan audiens. Pendekatan ini membuat dakwah lebih dinamis dan efektif, karena audiens merasa dilibatkan, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan dan dampak pesan dakwah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | mardiana mardiana |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 06:55 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 06:55 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |