Azdilla, Audi (2024) ANALISIS PESAN MORAL DALAM FILM KKN DI DESA PENARI MELALUI MODEL ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Film ini mengisahkan pengalaman sekelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa yang memiliki budaya dan tradisi mistis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung dalam film KKN di Desa Penari menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi elemen-elemen visual dan naratif dalam film, seperti karakter, setting, simbol, dan dialog, yang berfungsi sebagai tanda-tanda yang mengandung makna moral tertentu. Berdasarkan teori Roland Barthes, penelitian ini mengkaji makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terkandung dalam gambar-gambar dan adegan film untuk mengungkap pesan moral yang ingin disampaikan. Melalui pendekatan ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa film KKN di Desa Penari tidak hanya mengandung pesan mengenai pentingnya keberanian, kerja sama, dan penghormatan terhadap tradisi, tetapi juga mengajak penonton untuk refleksi terhadap hubungan manusia dengan alam dan kepercayaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana film sebagai media budaya dapat menyampaikan pesan moral melalui elemen-elemen visual dan simbolis yang dikonstruksi dalam narasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | AUDI AZDILLA |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 08:13 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:13 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |