Akma, Nurul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 6 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, universitas malikussaleh.
Text
NURULAKMA_170730009_COVER.pdf Download (163kB) |
|
Text
NURULAKMA_170730009_Abstrak.pdf Download (347kB) |
|
Text
NURULAKMA_170730009_BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text
NURULALMA_170730009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
|
Text
NURULAKMA_170730009_Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)Terhadap Keterampilan Proses Sains Materi Usaha dan Energi Kelas x SMAN6 Lhokseumawe .pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
PjBL (Project Based Learning) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan pratikum sebagai inti pembelajaran. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan dasar yang digunakan dalam membangun konsep dan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran sains. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi kelas x SMAN 6 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design.Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa dan kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design.Untuk uji hipotesis digunakan uji Independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 79,25 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 65,25 dengan persentase rata-rata keterampilan proses sains adalah 82.81% sehingga dikategorikan sangat baik. Pada uji Independent sample test pada bagian “Equal variances assumed” diketahui nilai sig-2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H_a diterima. Dengan artian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X SMAN 6 Lhokseumawe. Kata Kunci: Usaha dan Energi, Model Project Based Learning, Keterampilan Proses sains.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurul akma Na Nurul |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:47 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8927 |
Actions (login required)
View Item |