Darmiati, Darmiati (2024) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN NUMERIK SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA N 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
DARMIATI- cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DARMIATI abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DARMIATI bab 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DARMIATI daftra pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DARMIATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Siswa SMA Negeri 1 Peusangan Siblah krueng mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran ilmu kimia khususnya pada materi hukum dasar kimia, dimana siswa sulit dalam mengaplikasikan perhitungan dan penalaran dalam konsep hukum dasar kimia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil wawancara dengan guru bidang studi, kesulitan dalam proses perhitungan dan penalaran konsep. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengidentifikasi kemampuan siswa yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerik siswa pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods), intumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan numerik menggunakan materi hukum dasar kimia. Dari hasil analisis data peneliti dapat mengidentifikasi bahwa siswa pada kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, memiliki kemampuan numerik yang cendrung masuk pada kategori tinggi, karena dari 20 orang siswa lebih banyak siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi (14 orang siswa), sedangkan yang memiliki kemampuan numerik sedang berjumlah 6 orang siswa,. Juga dari nilai tersebut menunjukkan bahwa kemampuan numerik siswa pada kelas tersebut sudah memasuki kategori baik, karena nilai siswa yang rata-rata baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengujian kemampuan numerik siswa menggunakan soal tes kemampuan numerik materi hukum dasar kimia memperoleh hasil bahwa siswa di kelas tersebut memiliki kemampuan numerik masuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata keseluhan siswa yaitu 75,75 Kata kunci : numerik, hukum dasar kimia, penelitian kombinasi   ABSTRACT Students at SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng have difficulty learning in chemistry subjects, especially in basic chemical law material, where students have difficulty applying calculations and reasoning in basic chemical legal concepts. This can be proven from the results of interviews with teachers in the field of study, difficulties in the calculation process and conceptual reasoning. This is the background for the author to identify students' abilities. The aim of this research is to describe students' numerical abilities in basic chemical law material at SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. This research uses a combined research method (mixed methods), the instrument used is a numerical ability test using basic chemical law material. From the results of data analysis, researchers were able to identify that students in class There are 6 students who have moderate numerical abilities. Also, this value shows that the numerical abilities of students in this class have entered the good category, because the students' average scores are good. From these data it can be concluded that testing students' numerical abilities using numerical ability test questions on the basic laws of chemistry material obtained results that students in this class had numerical abilities in the high category, with an average student overall score of 75.75. Key words: numerical, basic laws of chemistry, combination research

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Spd Darmiati -
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:46
Last Modified: 12 Dec 2024 01:46
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by