MELIANA, FIRDANI (2023) ANALISIS EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI PADA PELAJARAN KIMIA KELAS X DI SMAN DEWANTARA. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
FIRDA cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Skipsi FIRDA abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Skipsi FIRDA bab 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Skipsi FIRDA daftar pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Skipsi FIRDA (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sangat berpengaruh pada proses pembelajaran untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan. Pendidikan merupakan proses belajar, wawasan, kreativitas dan kerutinan yang dijalankan tiap orang dari masa ke masa (Dewi dan Putri. 2022). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendidikan salah satunya adalah proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar adalah sesuatu yang sangat penting dan hanya dapat tercipta jika peserta didik terlibat secara penuh. Keterlibatan peserta didik secara penuh dapat dilihat dari efikasi diri dan motivasi untuk belajar. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Dewantara dan SMAN 2 Dewantara peneliti menemukan suatu permasalahan yaitu sebagian besar peserta didik kurang kepercayaan diri untuk tampil kedepan baik ketika presentasi kelompok maupun diminta oleh guru untuk maju kedepan mengulang materi yang telah diajarkan khususnya mata pelajaran Kimia. Pelajaran kimia merupakan pelajaran yang sulit, kesulitan dalam mempelajari pelajaran kimia dapat bersumber pada kesulitan dalam memahami istilah, angka, dan konsep kimia sehingga peserta didik kurang mampu mempelajarinya (Muttaqin et al. 2018). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dewantara dan SMA Negeri 2 Dewantara yang berada Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, dan pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik SMAN Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Dewantara dan SMA Negeri 2 Dewantara. Dalam penelitian ini penulis mempersempit populasi yaitu jumlah seluruh peserta didik sebanyak 300 peserta didik. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu efikasi diri peserta didik di kelas X di SMAN Dewantara dalam mengikuti pelajaran Kimia diperoleh persentase 72,13% termasuk dalam kategori baik. Motivasi belajar peserta didik di kelas X di SMAN Dewantara dalam mengikuti pelajaran Kimia diperoleh persentase 68,37% termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Efikasi, Motivasi, dan Hasil belaj

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Spd Firdani Meliana
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:37
Last Modified: 11 Dec 2024 08:37
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by