Yulianti, Amelia (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “EDUPHYSICS” MENGENAI MATERI IPA FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA SMP BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE GAME-BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
AMELIA YULIANTI_200180173_Cover.pdf Download (286kB) |
|
Text
AMELIA YULIANTI_200180173_Abstrak.pdf Download (151kB) |
|
Text
AMELIA YULIANTI_200180173_Bab I.pdf Download (368kB) |
|
Text
AMELIA YULIANTI_200180173_Daftar Pustaka.pdf Download (272kB) |
|
Text
AMELIA YULIANTI_200180173_Pengembangan Game Edukasi “EduPhysics” Mengenai Materi IPA Fisika Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa SMP Berbasis Android Menggunakan Metode Game-Based Learning.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
IPA fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian besar siswa, mulai dari SMP hingga SMA. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang interaktif untuk menarik minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Di SMPN 14 Lhokseumawe, metode pembelajaran yang masih dominan menggunakan buku paket dan presentasi PowerPoint yang disusun oleh guru. Kelemahan dari pendekatan ini adalah kurangnya elemen visual yang dapat memperkuat pemahaman materi, hanya sebatas ringkasan dari buku dan sumber lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berupa game edukasi bernama EduPhysics, berbasis Android, dengan tujuan meningkatkan minat siswa terhadap IPA fisika. Pengembangan menggunakan metode Game Based Learning (GBL) dalam pembelajaran, serta mengadopsi pendekatan GDLC (Game Development Life Cycle) untuk perencanaan pengembangan game secara bertahap. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai proses pembelajaran IPA fisika yang telah berlangsung. Observasi awal dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk menilai tingkat ketertarikan siswa di SMPN 14 Lhokseumawe. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah game edukasi EduPhysics, dikembangkan menggunakan game engine Unity dengan dimensi 3D dan berbasis Android, memungkinkan akses melalui smartphone di mana saja. Evaluasi kelayakan game menunjukkan persentase 88,08, masuk dalam kategori baik menggunakan System Usability Scale (SUS). Meskipun demikian, terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode blackbox dan semua hasil sesuai dengan harapan. Uji pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan minat siswa, dengan nilai pre-test sebesar 55,5 dan post-test sebesar 84. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan minat siswa terhadap IPA fisika setelah menggunakan game EduPhysics.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Amelia Yulianti |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:07 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8542 |
Actions (login required)
View Item |