Simanjuntak, Melia Rahma Amini (2024) SISTEM PAKAR DIAGNOSA TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
MELIA RAHMA AMINI SIMANJUNTAK_200180026_COVER.pdf Download (137kB) |
|
Text
MELIA RAHMA AMINI SIMANJUNTAK_200180026_ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
|
Text
MELIA RAHMA AMINI SIMANJUNTAK_200180026_Bab 1.pdf Download (237kB) |
|
Text
MELIA RAHMA AMINI SIMANJUNTAK_200180026_Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) |
|
Text
MELIA RAHMA AMINI SIMANJUNTAK_200180026_SISTEM PAKAR TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam gaya hidup manusia, termasuk dalam hal hiburan. Game online menjadi salah satu bentuk hiburan yang sangat digemari, terutama di kalangan mahasiswa. Namun, kecanduan game online dapat memberikan dampak negatif seperti isolasi sosial dan gangguan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pakar yang dapat mendiagnosa tingkat kecanduan game online pada mahasiswa Universitas Malikussaleh menggunakan metode Certainty Factor. Metode ini dipilih karena mampu mengukur tingkat kepercayaan dalam pengambilan keputusan berdasarkan bukti atau penilaian pakar. Sistem pakar yang dikembangkan akan memberikan diagnosa berdasarkan gejala-gejala kecanduan yang diidentifikasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pakar dan observasi, serta data sekunder dari studi literatur. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan dari 250 sampel data mahasiswa universitas malikussaleh didapatkan sebanyak 44 orang atau 17,6% dari sampel mengalami kecanduan ringan, juga 81 orang atau 32,4% dari sampel mengalami kecanduan sedang, dan 125 orang atau 50% dari sampel mengalami kecanduan berat terhadap game online. Hal ini menunjukan bahwa sistem pakar ini dapat dipakai untuk memfasilitasi pengguna dalam mendeteksi tingkat kecanduan bermain game online yang dideritanya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui tingkat kecanduan mereka terhadap game online, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan yang tepat. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem pakar di bidang kesehatan mental dan perilaku. Dengan demikian, sistem pakar ini dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam mendiagnosa dan mengatasi kecanduan game online di kalangan mahasiswa. Kata Kunci: Sistem, Pakar, Kecanduan, Certainty Factor, Diagnosa, Kesehatan Mental
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Melia Rahma Amini Simanjuntak |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 04:23 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 04:23 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8355 |
Actions (login required)
View Item |