Wardiah, Wardiah (2023) STRATEGI PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI BAGI SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD NEGERI 6 MEUREUDU. S2 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (138kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (296kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
|
Text
TESIS WARDIAH 216910101016 .pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang salah satu sekolah regular (umum) yang menerima siswa berkebutuhan khusus (studi di SD Negeri 6 Meureudu). Pertanyaan yang ingin dijawab dalam studi penelitian ini adalah bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan Inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus. Hal ini perlu dipertanyakan karena SD Negeri 6 Meureudu tidak memiliki guru yang berlatar belakang pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan teori Pembangunan Inklusi Rene Lenoir dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui observasi terlibat dan wawancara terbuka. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi pelaksanaan pendidikan Inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus yakni Kurikulum yang digunakan di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif adalahh kurikulum merdeka yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik serta supaya memungkinkan anak-anak berkebutuhan khusus mengikuti pendidikan secara efisien dan efektif, yaitu adanya ruangan khusus inklusi, alat penunjang pembelajaran, peralatan dan perlengkapan khusus Guiding Blok, tongkat sebagai alat penunjang, reglet dan stilus, peralatan belajar timbul, peralatan audio dan visual, ruang untuk latihan bicara dan alat perekam. Adapun proses pembelajaran inklusif di SD N 6 Meuredu selalu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu melalui hasil assessmen yang telah dilakukan. pengamatan selama pembelajarasn siswa, pengamatan untuk assesmen tersebut dilakukan selama satu semester atau satu tahun dua kali. Assesment tersebut dilakukan guna untuk melihat apakah ada perkembangan hasil belajar siswa, jika siswa dirasa sudah mampu mengikuti kelas reguler maka siswa tersebut diikutkan kelas reguler tetap. Kata Kunci: Inklusi, Pembangunan Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > 69101 - Magister Sosiologi |
Depositing User: | wardiah War diah |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:28 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 09:28 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8199 |
Actions (login required)
View Item |