Balqis, Putri (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kinestetik, Audio, Dan Visual (KAV) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Kelas X Di SMK Negeri 3 Lhokseumawe. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (63kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (270kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (153kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh penerapan model pembelajaran Kinestetik, Audio dan Visual (KAV) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain Penelitian Nonequivalent Control Group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Lhokseumawe, dengan sampel yang dipilih dua kelas, yaitu kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes dan observasi kegiatan guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 18 dengan uji prasyarat menggunakan uji Shapiro-Wilk dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rataan N-gain siswa yang menerapkan model pembelajaran KAV sebesar 0,79 (kategori tinggi), lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran saintifik sebesar 0,71 (kategori sedang). Dari hasil uji Mann-Whitney U-Test di atas didapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran KAV lebih baik secara signifikan dari pada siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran saintifik. Dan hal ini juga terlihat dari Aktivitas guru sebesar 88,18% (kategori sangat baik) dan aktifitas siswa sebesar 81,36% (Kategori sangat baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa selama kegiatan pembelajaran siswa dapat beradaptasi dengan model yang diajarkan sehingga didapatkan nilai yang meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Model pembelajaran kinestetik, Audio dan Visual, Pembelajaran Saintifik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mhd. Aqil Al Fikri |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:30 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:30 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7810 |
Actions (login required)
View Item |