Nada, Qathratun (2024) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
QATHRATUN NADA_200730011_Cover.pdf Download (152kB) |
|
Text
QATHRATUN NADA_200730011_Abstrak.pdf Download (120kB) |
|
Text
QATHRATUN NADA_200730011_Bab I.pdf Download (138kB) |
|
Text
QATHRATUN NADA_200730011_Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
|
Text
QATHRATUN NADA_200730011_Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Fluida Statis.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
QATHRATUN NADA: Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh,2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada materi fluida statis yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahapan pengembangan yaitu 1) Research and Information Collection, 2) Planning, 3) Develop Preliminary Form of Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision. Uji coba produk utama dilakukan di SMA Negeri 2 Peusangan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data kelayakan menggunakan hasil validasi dosen ahli materi dan media, analisis data kepraktisan menggunakan hasil angket respon siswa dan analisis data keefektifan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul berada pada kategori “sangat layak” dengan hasil validasi ahli materi sebesar 86,9% dan validasi ahli media sebesar 89,2%, (2) Kepraktisan modul berada pada kategori “sangat praktis” dengan hasil 86%, (3). Keefektifan modul berdasarkan uji t-test memperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.000 maka modul fisika berbasi model PBL pada materi fluida statis efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan modul fisika berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada materi fluida statis dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan pada materi fisika lainnya yang sesuai dengan model PBL. Kata kunci: Modul, Bahan Ajar, Problem Based Learning, Pengembangan, Fluida Statis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Qathratun Nada |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:19 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:19 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7801 |
Actions (login required)
View Item |