HATI, MISLA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI ASAM BASA PADA KELAS XI IPA 1 DI SMA PLUS AMAL PEUREULAK BARAT. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
1. COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI - Copy-6.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB I MISLA HATI 150720024.pdf Download (180kB) |
|
Text
3. skripsi-38.pdf Download (90kB) |
|
Text
SKRIPSI LENGKAP MISLA HATI 150720024.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi Asam Basa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbasis kartu pintar kelas XI di SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yaitu one group pretest and posttest. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu XI IPA 1 (berjumlah 26 siswa). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi dan tes. Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi Asam Basa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbasis kartu pintar kelas XI di SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat dianalisis dengan statistik uji N-Gain dan uji hipotesis. Hasil analisis nilai rata-rata hasil uji N-Gain Score adalah 76,49 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa pada kelas XI IPA 1 di SMA Plus Amal Peureulak Barat. Sedangkan uji Hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa nilai sig nya lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,000 yang artinya kesimpulan dari uji hipotesis ini yaitu Ha diterima Ho ditolak. Sehingga hipotesisnya yaitu: terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi Asam Basa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis kartu pintar kelas XI IPA 1 di SMA Plus Amal Peureulak Barat. Kata Kunci: Asam Basa, Hasil Belajar, Kognitif, Kartu Pintar, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Abstract The study aims to know if there is an increase in the results of students cognitive learning on acidic material using the cooperative learning model TGT type based smart card class XI in SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat. The study uses the research design for one group pretest and posttest. This sample was taken in this study conducted with an purposive sampling technique which is a class XI IPA 1 (26 students). Data collection technique on this research with observation and testing. to know if there is an increase in the results of students cognitive learning on acidic material using the cooperative learning model TGT type based smart card class XI in SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat was analysed with hypothetical test and N-Gain statistics. The average value analysis of N-Gain score results in high categories. This indicates that there has been an increased value of students learning results class XI in SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat. while hypothetical testing uses wilcoxon signed ranks test shows thas his sig value is smaller than 0,05 than is which means the conclusion of this hypothetical test is Ha received Ho denied. And so it hypothesesthat there is an increased learning result of students cognitive learning on acidic material using the cooperative learning model TGT type based smart card class XI in SMA IPA 1 Plus Amal Peureulak Barat. Keyword: acidic base, learning results, cognitive, smart card, and a TGT typical cooperative learning model.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Misla Hati |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:10 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7554 |
Actions (login required)
View Item |